Mitos Jawa Yang Masih Diyakini Hingga Kini

Mitos Jawa Yang Masih Diyakini Hingga Kini

Ilustrasi Orang Jawa

Mitos Jawa - Mitos merupakan suatu kejadian yang belum bisa ditentukan benar atau tidaknya dan masih berupa karangan misteri, di dalam ilmu kejawen sendiri banyak sekali larangan atau dalam istilah sering disebut "Ora Ilok" atau dalam bahasa sunda memiliki arti "Pamali". Akan tetapi oleh sebagian orang yang masih percaya akan hal-hal tersebut adalah suatu peristiwa yang nyata dan dapat dipercaya kebenarannya.

Dari mitos-mitos yang berkembang di masyarakat jawa, ternyata masih banyak mitos yang diyakini kebenarnya sampai sekarang. Biasanya orang jawa selalu mengait-ngaitkan suatu peristiwa alam yang terjadi disekitar mereka dengan mitos yang ada dalam keyakinan diri merekai. Dan kali ini blog Inilah AKU akan mengulas beberapa mitos paling populer yang masih berkembang sampai sekarang dan masih dipercaya kebebenaranya oleh masyarakat jawa.

1. Menambrak Kucing Akan Membawa Kesialan
Dari sekian banyaknya mitos yang berkembang di masyarakat jawa, mungkin yang paling populer dan sering didengar adalah mitos bila seseorang menabrak seekor kucing maka si penabrak tersebut akan mendapat malapetaka atau kesialan. Kamu pasi pernah mendengar mitos paling populer di jawa yang satu ini bukan?

2. Jangan Foto Bertiga
Pernah pastinya kalian mendengar mitos bahwa kita dilarang untuk berfoto bertiga, karena dipercaya yang berfoto ditengah akan meninggal. allahuakbarr ..

3. Burung Gagak Berputar Mengelilingi Rumah
Orang jawa meyakini bahwa bila diatas rumah seseorang ada burung gagak yang berputar-putar, maka konon salah satu penghuni rumah tersebut akan ada yang meninggal dunia.

4. Burung Pipit (Prenjak) Berkicau Terus di Sekitar Rumah
Konon masyarakat jawa mempercayai bahwa burung ini dapat memberi tanda akan datangnya tamu. Disaat akan ada tamu yang membawa berita penting datang, maka akan ada burung pipit yang bunyi terus menerus di area pekarangan rumah, namun dari pertanda tersebut ada arti tersendiri dari kicauan burung tersebut, diantaranya adalah:
  • Apabila burung pipit tersebut berada di depan atau samping kanan rumah, maka konon akan ada tamu yang membawa berita baik.
  • Namun bila burung tersebut berkicau di samping kiri atau belakang rumah, dipercaya akan datang tamu yang membawa berita buruk

5. Anak Gadis (Perawan) Dilarang Duduk di Muka Pintu
Dari mitos yang berkembang, masyarakat jawa mempercayai bahwa seorang gadis tidak boleh duduk di depan pintu (di bagian palang pintu rumah), konon hal tersebut membuat sang gadis jauh dari jodoh

Dan masih sangat banyak mitos yang masih dipercaya orang jawa hingga saat ini dan tidak mungkin bila admin jelaskan satu satu, berikut beberapa mitos yang berkembang dan dipercaya kebenarnya hingga saat ini.
  • Dilarang main api tungku (bahasa jawa: pawon), nanti bila bepergian ke pasar akan di kejar Kuda. (Baca Juga: )
  • Tidak boleh berkerudung baju atau menaruh baju di kepala, konon orang tua akan meninggal.
  • Ayam jantan atau Jago berkokok di malam hari pertanda adanya makhluk halus atau datangnya wabah penyakit.
  • Ibu tidak boleh cengeng saat hamil, nanti anaknya akan menjadi lemah dan mudah menangis.
  • Tidak boleh menggigit bibir bagian bawah, nanti bernasib buruk dan rejeki jadi seret atau susah.
  • Jangan bersiul disore hari atau jam maghrib, nanti bisa mengundang syetan dan mereka akan membalas siulanmu
  • Kupu masuk rumah, maka akan ada tamu datang ke rumah
  • Dilarang bepergian jauh pada hari sabtu, karena hari sabtu hari yang kurang baik untuk bepergian
Mungkin hanya itu yang dapat saya bagikan pada artikel kali ini, mungkin ada yang mau tambahin mitos jawa lain yang kamu ketahui, silakan sertakan di kolom komentar ya. Thanks to read :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top