Fakta Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 di Indonesia

Fakta Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 di Indonesia

Gerhana Matahari 9 Maret 2016
Foto Gerhana Matahri Total

Gerhana Matahari Total pada 9 Maret 2016 merupakan fenomena alam yang langka dan hanya terjadi 33 tahun sekali pada suatu daerah. Indonesia merupakan negara yang beruntung bisa menikmati Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 maret 2016, akan tetapi fenomena alam yang terjadi di langit indonesia ini tidak dapat dinikmati di seluruh wilayah indonesia, hanya sebagian wilayah saja diantaranya adalah Palu, Balikpapan, Bangka Belitung dan 11 kota lain di di indonesia, sementara di pulau jawa dan daerah lain hanya akan melihat Gerhana Matahari Sebagian.
Dan berikut beberapa fakta dibalik terjadinya Gerhana Matahari Total 9 maret 2016 yang terjadi di Indonesia:

1. Hanya Terjadi di Indonesia
Fakta yang pertama adalah Gerhana Matahari 9 maret 2016 yang baru terjadi beberapa hari yang lalu memang hanya dapat terlihat di wilayah indonesia, terutama 11 provinsi di indonesia yang dapat menikmati gerhana matahari total, akan tetapi pada saat gerhana tersebut terjadi di beberapa wilayah yang dilintasi oleh gerhana matahari total tidak dapat menikmati fenomena langit yang langka ini karena faktor cuaca yang mendung.


2. Pertama Kali terjadi di Indonesia pada abad ke-21
Peristiwa gerhana matahari total bukan pertama kalinya terjadi di Indonesia. Fenomena itu pernah ada pada tahun 1983, 1988, dan 1995. Namun Gerhana Matahari yang terjadi di tahun 2016 ini, merupakan yang pertama di abad ke-21 yang melintas di langit indonesia.
Gerhana Matahari selanjutnya baru akan melintasi langit indonesia pada 20 april 2023.


3. Terjadi 300 Tahun sekali
Gerhana Matahri merupakan fenomena alam yang sangat langka, tidak dapat dipastikan secara pasti fenomena tersebut akan terjadi lagi pada satu daerah, dan banyak orang yang berpendapat secara gamblang hanya terjadi di satu daerah yang sama 300 tahun sekali saja.
Namun berbeda di indonesia termasuk beruntung karena periode terakhir terjadinya gerhana matahari total pada tahun 1988 dan terulang kembali di tahun 2016, jadi hanya dalam kurun waktu 28 tahun saja. berbeda dengan wilayah lain terjadi 300 tahun sekali.


4. Menguji Teori Einstein
Gerhana matahari total 9 maret 2016 yang terjadi di indonesia menjadi sorotan para ilmuwan dunia. Dan Para ilmuwan indonesia akan bergabung dengan para ilmuwan asing untuk meneliti gerhana matahari total di indonesia, terutama Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).
Menurut ilmuwan Lapan, fenomena gerhana matahari total ini akan menjadi bahan penelitian dan riset di bidang ilmu fisika matahari atau umum.
Dan biasanya digunakan untuk melakukan pembuktian Teori Einstein, yang mengemukakan bahwa "Suatu cahaya dapat membelokan benda", ini dapat dibuktikan dengan bergesernya bintang-bintang di sekitar matahari pada saat bulan telah menutupi matahari secara total.

5. Bukan Fenomena Berbahaya
Pada halnya matahari itu sama seperti biasanya yang kita lihat sehari hari, yang berbahaya itu apabila kita dalam melihatnya tidak berhati hati. Dan jangan sekali kali melihat pada saat gerhana sebagian dengan mata telanjang, karena dapat membahayakan retina mata kita.
Saat yang paling baik untuk melihat secara langsung tanpa menggunakan kacamata adalah saat gerhana matahari total adalah dimana matahari sepenuhnya tertutup oleh bulan, itu saat paling baik untuk melihat secara langsung indahnya fenomena gerhana matahari total.

Kemudian saat yang paling berbahaya adalah saat peralihan fase total ke sebagian, saat Bulan mulai bergeser, cahaya matahari walau baru muncul sedikit sudah sangat kuat. Padahal, pupil mata kita sedang membesar. Hal itu dapat merusak retina mata.
Baiklah itu beberapa fakta seputar gerhana matahari total 9 maret 2016 yang terjadi di indonesia, semoga dapat bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top